Sabtu, 16 Juli 2016

Sumur Tujuh Gunung Karang Pandeglang

Di pagi itu kami berangkat untuk berburu wisata daerah, dan kali ini kami mencoba berburu wisata ke Gunung Karang Pandeglang. gunung yang dispiritualkan oleh masarakat setempat, tepat hari rabu tgl 13 Juli 2016, kami berangkat bersama-sama dengan orang yang biasa berburu wisata cuma kali ini kami dapet tambahan orang-orang yang baru dalam berburu wisata, mereka mencoba ikut karena ingin tahu juga tentang wisata yang ada di daerah Banten ( hajin morita, akoh kharerudin, adultatif alfarizi, iman camong, oman, yani, nyu-nyu, wawan, miftah, pai, heri dan temanya  dan oji )
dan ini adalah pendakian yang tak disengaja karna rencana awal kami akan mengunjungi kawah Gunung Karang, karena ada sebagian teman kami yang masih penasaran dengan keberadaan kawah Gunung Karang, dan akhirnya saya menyuruh teman saya pai untuk mendatangi rumah warga yg biasa mengantar orang yang hendak naik gunung karang (rute pasir angin), karna saya penasaran dengan hasil foto satelit yang mengatakan ada telaga di dekat kawah gunung karang, dan namanya telaga paku. saya penasaran dan mencoba menayakan perihal telaga paku ke orang yang akan mengantar kami tapi mereka menjelaskan sedikit samar-samar tak jelas akan boleh apa tidak nya kita ke telaga paku, saya trus menayakan hal itu dan ahirnya mereka menjelaskan kepada saya dan saya cukup paham dengan penjelasan tersebut yang melarang kami untuk berkunjung bahkan melewati nya saja kami di larang. dan itu menjadi kawasan larangan bagi warga dan masyarakat luar untuk tidak melewati dan berkunjung ke sana. dan saya memutuskan untuk kekawah saja karna telaga paku adalah daerah larangan, tapi ada komunikasi yang salah terkait hal tadi pai teman saya menyimpulkan karna ke telaga tidak boleh dan kekawah pernah, di memutuskan ke guide nya untuk di anter  ke sumur tujuh.
perjalanan kita nikamtin biasa tapi setelah beberapa lama treknya berbeda dengan terk yang dulu saya lalui, namun saya ber anggapan mungkin ini trek warga yang biasa mereka lalui, lama-kelamaan belum sampai juga dan di jalan ada bapa-bapa bertanya pada kami .."arek ka mana ..? jawab kami ...arek ka kawah pak..! bales sang bapa-bapa..ih salah ..lain kadiyeu jalanna arek ka kawah mah, iyeu mah arek ka sumur tujuh..!????????? hah...????samber kami... bareng-bareng dan posisi guide saat itu jauh di depan dengan teman kami yang bernama pai, kami saling melotot dan mulai terjadi nyeng nyong...dan langsung kami kejar sang guide dan ketika kami bertemu teman kami adult langsung menayakan kepada pai ..iyeu sabenerna arek kamana  ka kawah apa ka sumur tujuh...?? pai dan sang guide langsung menjawab..atu ka sumur ttujuh lah kan tadi hayang ka sumur tujuh ja kakawah mah nggus..trus ka telaga teu jadi ja te menang..sambar adult ih..pan keur di handap geh urang ngomong gus kakawah bae geh ari  ka telaga temeng mah..!!! ih kumaha sih sok teu kaharti..??/ nyeng -nyong sedikit memenas dan sang guide bicara ih atu kula mah terserah atu nganter yeuh sok bae rek kakawah mangga rek ka sumur tujuh oge mangga..atu mun ti awal ngomong na rek kakawah mah atu teu lewat diyeu..trus kumaha samber adult..jawab guide atu mun rek kakawah turun dei karak belok muun ka sumur tujuh tinggal lanjut..desssss diam semua cengang bingung kagett serrr huh saya coba tarik nafas coba cari titk terenak , saya coba tanya kira-kira kumaha yeuh lanjut sumur tujuh apa balik dei karak ka kawah.....??? sebagian bilang lanjut bae lah dan sebagian jauh amat sumur tujuh. dan saya coba pastiin ke guide terkait sumur tujuh " kalu ke sumur tujuh kira-kira bisa ngecam ga ( pasang tenda ) jawab guide sok bae sih tapi ulah gagabah, ulah hura- hura, saung oge aya bisi rek di saung mah.dan saya liat belakang sambil bertanya ..kumaha yeuh rek lanjut apa kumaha...?? sebenarnya saya sinh ingin lanjut karna belum pernah ke sumur tujuh, tapi tetap minta pendapat dari semua dan ahirnya kita semua sepakat untuk lanjut...tarik nafas dalam-dalam bismillah hirrohman nirrohim...go sumur tujuh ( go't pokemon )..hehehe
trek-demi terk kami lalui begitu licin dan terjal mengingatkan saya akan terk ke gunung cikurai..masa Allah tak disangka terk nya begini..dan jam 9 malam kami sampai di sumur tujuh berangkat dari kampung terahir sekitar jam 04:00 wib.Alhamdulillah dengan ge,bira kami sampai tapi kami tak seluas di gunung yg bias kami kuunjungi ungkapan rasa senang nya karna kami ter tahan dengan aura dan atribut yang berbau ahmistis..dengan penuh ke hati- hatian kami langsung ijin bangun tenda dan istirahat...dan langsung buat makanan buat malam itu.......
ketika pagi menyambut dengan dingin yang menyelimuti hawa kami tiba-tiba banyak warga berdatangan di situ dan saya trus melihat apa yang mereka lakukan dan ternyata mereka cuma mandi setelah mandi pulng lagi.. dalam hati bertanya jauh-jauh tek-tok cuman mandi..?? dan hawa panas menghampiri kami pertanda sing menyapa kami..kami mulai siap-siap untuk makan biar langsung pulang.. dan di sela-sela itu saya ingin sekali mandi karena dari kemaren belum mandi dan air di situ segar sekali ingin rasanya menyegarkan badan dengan siraman air yang berada di puncak gunug, dan saya coba bertanya kepada sang guide...a boleh teu mandi jawab dia boleh atu sok bae sha nu ngalarang....sip samber saya..langsung siap-siap dan ketika sudah mendekati mata air ke heula di diyeumah kudu di pandiyan bae ko kitu ya geus tibaheulana...ih henteu lah ari kitumah lanjut saya..urang mah kadiyeu ogeh cuma amang doang a liburan makana awal arek ka kawah..samber dia ih.. atu te naon-naon ari arek mah hayu.. saya tetap menaolak nya karna saya risi tak tau apa-apa tentang cerita sumur tujuh atu tentang mandi di sana yang harus di mandiin dan berkain puitih yang sudah di sediakan di situ (kain kafan) merinding saya ketika tau ada ritul buat mandi di situ....
saya menghargai akan cerita rakyat yang sudah terbangun bertahun-tahun, dan saya juga percaya akan keberadaan mistis di muk bumi ini, saya menolak mandi dengan ritual seperti itu, tidak ada maksud lain selain  karna saya belum tau cerita atau sejarah akan tempat itu dan seperti apa kebenaran nya...semoga Allah melindungi kita dari mara bahaya di muks bumi ini dan dari godaan setan yang terkutuk.
terima kasih buat guide yang telah mengantar kami ke sumur tujuh dan air terjun cikoneng maaf kalu kami selalu kepo akan tempt-tempat yang indah.










































Tidak ada komentar:

Posting Komentar